6 Pakan Lele Alternatif dari Tumbuhan


Pakan Lele Alternatif dari Tumbuhan – Budidaya ikan lele merupakan suatu alternatif pemberdayaan masyarakat selain bekerja secara konvensional. Jumlah para peternak lele ini semakin hari kian meningkat. Begitu pula persaingan komoditas ikan ini juga semakin ketat. Para pembubidaya berlomba-lomba untuk menghasilkan kualitas ikan lele yang terbaik.

Salah satu faktor penting yang dapat mendukung secara signifikan terciptanya kualitas ikan yang baik adalah dari segi pakan. Ya, benar sekali bahwa pakan lele dapat secara signifikan memepengaruhi hasil panen. Pemberian pakan yang sehat juga dapat mencegah penyakit pada lele.

Pakan Lele Alternatif dari Tumbuhan

Sumber makanan yang sehat dan kaya protein mempercepat  pertumbuhan lele. Pakan utama dari ikan ini biasanya menggunakan pelet. Mulai dari pakan lele 781 dan 781-2 atau menggunakan pakan lele pf 100 dan pf 800.

Akan tetapi, harga pelet dan bahan makanan utama yang lain semakin hari semakin mahal. Di sisi lain, harga ikan lele cenderung stabil. Karenanya, para peternak lele perlu memutar otak untuk memangkas ongkos produksi agar tetap dapat menguntungkan.

Sebagai peternak lele modern yang mempunyai smartphone, Anda dapat menambah modal untuk membeli pakan dengan mengikuti panduan menghasilkan uang dari internet di dolarhijau.com

Namun, selain menggunakan konsumsi pakan yang utama, juga dibutuhkan alternatif makanan sebagai alternatif untuk ikan. 

Pada umumya, makanan alternatif ikan dibuat dari tumbuhan karena dinilai lebih aman dan murah. Berikut adalah beberapa pakan lele alternatif dari tumbuhan yang sudah  kami rangkum.

1.         Daun Pepaya

Pakan Lele Terbaik

Alasan memilih daun pepaya sebagai alternatif pakan adalah karena daun pepaya termasuk kategori pakan lele murah dan banyak tersedia di sekitar kita. Tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak atau bahkan dapat didapatkan secara cuma-cuma apabila Anda memilki tanaman pepaya.


Cara memanfaatkan pakan lele organik satu ini sebenarnya cukup mudah. Cukup dengan meletakkan daun pepaya di atas kolam. Nantinya, dalam beberapa hari daun tersebut akan dipenuhi oleh lumut yang selanjutnya menjadi konsumsi makanan bagi ikan lele.

Tidak hanya sebagai alternatif pakan saja, daun pepaya juga memilki fungsi lain yang tak kalah bermanfaatnya. Pertama, daun pepaya dapat meningkatkan imunitas dan kekebalan ikan lele. Jadi, selama faktor lain semisal kondisi air juga dijaga dengan baik, maka ikan lele akan jarang mengalami sakit. Kedua, daun pepaya juga dapat menjaga kadar pH atau tingkat keasaman dalam kolam.

Itulah alasan mengapa daun pepaya menjadi salah satu alternatif pakan lele terbaik karena pada prinsipnya memberikan asupan bergizi merupakan usaha agar budidaya lele cepat panen dan berlimpah.

2.         Azolla Microphylla

Pakan Lele Murah

Salah satu jenis tumbuhan paku ini sebenarnya tersedia dengan stok  melimpah di sekitar kita. Namun, hanya beberapa saja yang mengetahu manfaat dari tumbuhan parasit satu ini dan salah satunya adalah para pembudidaya ikan.  Azolla Microphylla sengaja dibiakkan untuk dijual kepada para peternak ikan.


Azolla Microphylla tidak hanya digunakan oleh peternak lele sebagai alternatif pakan,tetapi juga digunakan oleh  peternak ikan tawar lain seperti nila dan mujair. Bahkan, juga digunakan oleh para peternak unggas sebagai alternatif makanan.

Cara memanfaatkan tumbuhan paku ini berbeda dengan menggunakan daun pepaya yang sudah dijelaskan sebelumnya.  

Pada prinsipnya, ikan lele tidak akan mau memakan tumbuhan paku ini dan cenderung lebih memilih pelet. Namun, ada  trik yang bisa dilakukan yaitu dengan tidak memberi lele pelet terlebih dahulu selama kurang lebih 24 jam.

Setelah seharian tidak makan, tentu lele akan merasa lapar dan secara terpaksa akan memakan tumbuhan Azolla Microphylla. Namun, patut diingat karena kandungan protein yang tidak cukup tinggi maka tumbuhan ini hanya bisa dijadikan selingan dan tetap harus diberikan pelet sebagai pakan utamanya.
Baca Juga :

3.         Daun Singkong

Pakan Lele Organik

Ketersediaan daun singkong sangat melimpah di negeri Indonesia. Selain dimanfaatkan bagian umbinya, ternyata daun singkong juga bermanfaat sebagai alternatif pakan lele. Pakan lele alternatif dari tumbuhan satu ini memiliki kandungan protein yang tinggi sehingga baik diberikan pada lele.


Cara memanfaatkannya sedikit berbeda dari daun pepaya  maupun Azolla Microphylla. Rebus Daun singkong yang sudah Anda petik sampai air mendidih. Setelah mendidih, tunggu sampai air agak dingin lalu peras daun singkong tersebut. Kemudian, rendam lagi daun singkong yang sudah diperas tersebut selama setengah hari. Selanjutnya, jemur daun singkong yang sudah direndam sampai kering.

Setelah melewati proses tersebut, barulah pakan lele alternatif dari tumbuhan ini dapat diberikan pada lele.

4.         Batang Pisang

Pakan Lele Organik

Pakan lele alternatif dari tumbuhan yang berikutnya adalah batang pisang. Sama halnya dengan daun pepaya, daun singkong dan Azolla Microphylla, batang pisang dijadikan pakan lele alternatif karena stoknya yang melimpah.

Cara memanfaatkannya cukup mudah. Batang pisang yang sudah dipotong harus dibersihkan sampai tidak ada lagi zat lilin pada batang pisang tersebut.  Jika sudah dirasa cukup bersih, masukkan batang pisang  tersebut pada kolam yang berisi air dan tanpa ikan lele. Diamkan selama 2-3 hari.

Artikel Lainnya:
Proses dekomposisi pada batang pisang dalam air, akan mempercepat munculnya larva atau belatung pada pelepah batang pisang. Larva inilah yang nantinya akan menjadi makanan lele. Sangat direkomendasikan menggunakan pakan lele alternatif dari tumbuhan ini, khususnya pada masa pembesaran lele umur 1-2 minggu karena larva mengandung protein yang sangat tinggi.

5.         Daun Turi

Pakan Lele Alternatif

Daun turi memiliki angka kecukupan gizi yang tinggi bagi ikan lele. Dalam berbagai jurnal akuakultur tercatat bahwa daun turi mempunyai kandungan gizi  protein kasar 31%, lemak kasar 8%, serat kasar sebesar 29% serta abu sebesar 7%.
Baca Juga : Cara Mengatasi Penyakit Lele Kulit Mengelupas
Dibalik nilai gizi yang menggoda tersebut muncul permasalahan besar yaitu kandungan serat kasar yang sangat tinggi. Kandungan serat kasar tersebut tidak dapat dicerna oleh ikan dan apabila termakan secara langsung maka ikan tersebut akan mengalami penyumbatan pencernaan.

Lalu, bagaimana cara memanfaatkan daun turi untuk pakan lele? Kita bisa menghilangkan kandungan serat pada daun turi dengan cara melakukan fermentasi selama 48 jam. Setelah fermentasi selesai, daun turi harus dijemur terlebih dahulu sampai benar-benar kering.

Kemudian, daun yang sudah kering tersebut digiling atau ditumbuk sampai berwujud seperti tepung. Barulah, pakan lele alternatif dari tumbuhan turi ini bisa diberikan.

6.         Daun Lamtoro

Pakan Lele Organik

Daun Lamtoro dapat dijadikan alternatif pakan untuk ikan lele. Kandungan dari daun lamtoro juga dinilai bagus karena mengandung banyak protein. Cara mengolahnya sama persis dengan cara mengolah daun turi. Setelah berbentuk tepung barulah dapat digunakan sebagai pakan lele.

Cara Pemberian Pakan Lele Alternatif dari Tumbuhan

  • Pada minggu pertama, Anda dapat menggunakan batang pisang yang telah terdekomposisi sebagai alternatif. Tetapi, tetap wajib diberikan pelet kurang lebih sebanyak 2 kg/1000 ekor lele.
  • Pada minggu kedua, Anda belum bisa menggunakan tumbuhan sebagai tambahan pakan. Tetap wajib diberikan pelet kurang lebih sebanyak 3 kg.
  • Pada minggu ketiga, Anda tetap harus memberikan pakan pelet sebanyak 4 kg.
  • Pada minggu keempat, barulah dapat diberikan pakan lele alternatif dari tumbuhan. Kisarannya kurang lebih pelet 5 kg, daun singkong sebanyak 1 kg, daun turi 2 kg, daun pepaya 1 kg serta daun lamtoro 1 kg. Pemberian pakan lele alternatif ini harus dalam wujud halus dan berwujud kecil.
  • Pada minggu kelima, prosentase pemberian makan berubah dan makin bertambah. Setidaknya butuh pelet 6 kg, daun singkong 8 kg, daun turi 2 kg, daun pepaya 2kg, dan daun lamtoro 1 kg saja.
  • Pada minggu keenam, karena bobot lele sudah memadai makan wujud makanannya pun boleh diberikan dalam kondisi kasar dan lebih besar dari minggu sebelumnya. Kebutuhannya kurang lebih pelet 7 kg, daun singkong 3 kg, daun turi 3 kg, daun pepaya 3 kg, dan daun lamtoro 2 kg.
  • Pada minggu ketujuh, kebutuhannya pelet 8 kg, daun singkong 4 kg, daun turi 4 kg, daun pepaya 4 kg, dan daun lamtoro 3 kg.
  • Pada minggu kedelapan, kebutuhan pakan sebesar; pelet 10 kg, daun singkong 5 kg, daun turi 5 kg, daun pepaya 5 kg, dan daun lamtoro 5 kg.

Demikian pembahasan mengenai 6 pakan lele alternatif dari tumbuhan. Semoga bermanfaat dan sukses selalu. Terima kasih.









Next Post Previous Post
2 Comments
  • Zakki
    Zakki 1 Juni 2021 18.21

    Pakan alternatif lele yang paling baik menurut saya adalah daun singkong. Selain bergizi dan terbukti membuat lele cepat besar, daun singkong juga mudah didapat dan juga murah

    • Dokternak
      Dokternak 1 Juni 2021 23.21

      Benar sekali gan, semoga bermanfaat artikel dari kami

Add Comment
comment url