Lele Albino: Harga, Jenis dan Cara Budidaya

Harga Lele Albino - Pasti Sobat Panenlele sudah tidak asing lagi dengan nama ikan lele, bukan begitu? Salah satu ikan yang biasanya menjadi lauk dan menjadi sangat nikmat saat ditambahkan sambal beserta lalapan. Namun, bagaimana dengan Lele Albino

Apa Itu Lele Albino?

Apakah Anda pernah mendengar nama ikan Lele Albino? Bagaimana ciri - cirinya? Ya, seperti dari namanya jenis binatang air ini memiliki tubuh berwarna putih. 

Tak jauh berbeda dengan lele hitam pada umumnya yang mempunyai empat pasang kumis serta badannya memanjang.

Hanya saja jenis dari lele albino ini biasanya tidak dijadikan lauk untuk makan melainkan sebagai ikan hias. 

Mengapa? Di lain sisi warnanya bagus yaitu putih atau belang dengan perpaduan matanya yang merah. Jika Anda ingin membudidayakannya, hal tersebut tentunya sangat menguntungkan.

Artikel Terkait: Budidaya Belut Kian Menjamur, Ada Apa?

Ciri - ciri lain dari lele albino adalah dapat melompat keluar dari akuarium, uniknya lagi memiliki pernapasan tambahan yang dinamakan aborence. 

Letaknya berada di sebelah atas bagian rongga insang. Ikan putih ini juga berasal dari negara luar seperti Sri Lanka, India, Filipina serta Malaysia.

Berapa Harga Lele Albino

Harga lele albino

Bagi Anda yang tertarik dengan lele albino, ada beberapa macam harga di setiap jenis pada ikan hias ini. Berapa budget yang harus dikeluarkan untuk membelinya? Mari simak penjelasan artikel berikut, pastikan tidak salah pilih:

Ikan Lele Albino Belang

Pada jenis ikan hias seperti ini umumnya untuk ukuran kecil biasanya tidak begitu mahal jadi bagi Anda yang ingin membudidayakannya tak perlu khawatir akan mengeluarkan budget besar. Salah satunya lele albino yang bisa didapatkan hanya dengan harga sekitar lima ribu rupiah.

Harga tersebut belum terhitung untuk ukuran ikannya, akan berbeda harga bila lele albino memiliki panjang yang berbeda. Seperti contoh 2 - 5 cm harganya akan jauh lebih murah yaitu sekitar Rp. 2.500 saja. Cukup murah bukan?

Baca Juga:

Pakan Lele Alternatif dari Tumbuhan

Lele albino belang ini tidak jauh berbeda dengan jenis ikan lainnya. Pada umumnya catfish memiliki banyak macam bahkan corak di tubuhnya pun berbeda - beda, sama seperti versi belang. Badannya yang memanjang tampak sangat unik dengan perpaduan warna putih dan bercak hitam.

Tak ada perbedaan mencolok dari lele albino belang ini, dia masih memiliki empat pasang kumis, tubuhnya memanjang persis seperti torpedo dan kepalanya berwarna putih. Tidak lupa adanya patil yang biasanya digunakan sebagai bentuk perlawanan diri saat bertemu musuh.

Jenis ini sangat direkomendasikan untuk Anda jika ingin menjadikannya sebagai ikan hias. Pada dasarnya lele albino belang cocok dipelihara mengetahui corak serta warna di tubuhnya yang memberi kesan unik dan indah secara bersamaan.

Ikan Lele Albino Tompel

Pada jenis ikan hias lele albino tompel ini pada umumnya sama saja, maksudnya harganya tidak beda jauh dengan versi belang sebelumnya. Anda bisa mendapatkannya hanya dengan harga sekitar Rp. 3.000 saja.

Sebenarnya jenis lele albino atau biasa disebut sebagai ikan hias ini harganya tidak jauh berbeda. Itu semua tergantung pada bagaimana corak serta warna yang biasanya menjadi nilai seni tersendiri. Jadi, tidak heran jika harga memiliki perbedaan.

Ikan Lele Albino Dumbo

Nah, untuk lele albino ini biasanya paling banyak dibudidayakan oleh banyak orang. Mengapa? Kata “dumbo” diselaraskan dengan sesuatu yang besar. Jadi, dapat disimpulkan bahwa ikan ini memiliki tubuh yang jumbo dan tentunya sangat berbeda dengan jenis lokal.

Perlu Anda ketahui bahwa lele dumbo ini berasal dari Afrika. Dikenal dengan nama latinnya Clarias Gariepinus. Tak heran jika ukuran ikannya besar, karena biasanya binatang yang asalnya dari negara tersebut selalu berukuran jumbo seperti halnya ular piton.

Lele Albino Termahal

Dikenal dengan jenis ikan hias yang unik, tak heran bila lele albino memiliki variasi harga dari termurah hingga paling mahal. 

Itu semua telah ditentukan juga dari corak yang ada pada tubuhnya, bisa saja murah dan sebaliknya tergantung pilihan Anda.

Lele albino termahal ini dikenal dengan corak hingga bentuk ikannya yang unik, maka dari itu harganya terbilang mahal. 

Artikel Lainnya:

Ternak Lele di Rumah dan Lahan Sempit

Tak hanya itu, ukuran juga mempengaruhi harga seperti contohnya 20cm sekitar Rp. 100.000, untuk 40 cm Rp. 400.000 hingga paling besar Rp 500.000.

Harga tersebut bisa saja setiap tahunnya akan berubah atau bahkan tetap. Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk membudidayakan lele albino ini? Dilihat dari budget pembelian ikannya tidak perlu mengeluarkan banyak biaya hingga ratusan juta.

Mengenal Sifat Ikan Lele Albino

Cara budidaya lele albino

Lalu bagaimana pergerakannya? Apakah memiliki kesamaan dengan lele hitam pada umumnya? Sebelum memilih untuk di budidayakan, Anda harus mengetahui sifat ikan ini terlebih dahulu. Dianjurkan tidak menaruhnya ke dalam akuarium mengingat lele mudah melompat keluar.

Lele albino juga memiliki kelebihan seperti adanya tambahan alat pernapasan yang dinamakan aborescen organ. Bentuknya seperti membran berlipat penuh dengan kapiler darah, sedangkan letaknya tepat di atas rongga insang.

Baca Juga: Kerja Online Input Data

Bagi Anda yang ingin memelihara tapi khawatir akan keluar jika dimasukkan ke dalam akuarium, alangkah baiknya diberi tutup saja untuk mencegah lele albino dapat keluar. Meski terbilang lincah, ikan ini dapat hidup secara baik dengan ikan jenis lain.

Membuat Tempat Penampungan Lele Albino

Seperti ikan konsumsi pada umumnya, biasanya dipelihara dalam kolam berukuran luas. Hal tersebut juga berlaku pada lele albino ini. Sarangnya diletakkan di sekitar dinding kolamnya, disediakan beberapa buah. Fungsinya adalah sebagai tempat bertelurnya induk lele yang matang kelamin.

Ada fakta lain yang perlu Anda ketahui, lele albino juga bisa dipijahkan massal persis seperti saat membudidayakan ikan konsumsi. Meski begitu, alangkah baiknya digunakan tempat kolam ataupun bak dengan ukuran sederhana. Mengapa? Karena pasangan induknya mudah untuk dikontrol.

Sedangkan jika membahas soal ukuran kolam atau baknya Anda bisa membuat sekitar 2 x 1m lalu kedalamannya sekitar 40cm. Supaya ikan tidak mudah keluar, buatlah dinding kolamnya lebih menjorok ke dalam. Setelah itu isikan air dengan tinggi 15 – 20cm kemudian tutup menggunakan seng.

Beberapa Tips Memilih Induk Untuk Budidaya Lele Albino

Sebelum memulai budidaya lele albino, ada yang harus Anda perhatikan terlebih dahulu hal penting ini. Pertama, pilihlah induk dengan bentuk tubuh mulus dan normal, tidak kurus serta sehat, tidak jauh berbeda dengan ternak ikan lele pada umumnya.

Untuk usia direkomendasikan sekitar 10 - 12 bulan. Jangan lupa untuk dapat membedakan kelaminnya, tidak boleh sama. Lele albino jantan memiliki ciri lincah, tubuh langsing, kelaminnya menonjol. Sedangkan betina kelaminnya bulat, warnanya merah, perutnya bengkak, gerakannya lambat.

Sekian penjelasan dari Lele Albino hingga bagaimana cara membudidayakannya. Sebelum memilih jenis untuk dipelihara, jangan lupa untuk memperketat seleksi pilihan Anda. Terutama karena masalah biaya yang nantinya akan dikeluarkan. Selebihnya, rawatlah secara baik.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url