7 Penyakit Ikan Louhan Paling Berbahaya dan Penanganannya

Apakah Anda suka mengoleksi ikan hias termasuk ikan louhan? Ikan dengan ciri khas benjolan di kepala ini akan tumbuh dengan sehat jika dirawat secara tepat. Oleh karena itu, penting untuk memahami jenis penyakit ikan louhan

Sama seperti jenis ikan hias pada umumnya, ikan louhan juga berpotensi terserang berbagai penyakit. Tentunya Anda tidak mau bukan jika ikan hias kesayangan terserang penyakit? Dengan mengetahui gejala penyakit ikan louhan, pemilik akan lebih waspada ketika merawat ikan hias ini. 

Penyakit Ikan Louhan

penyakit ikan louhan

Ikan louhan banyak dipelihara karena memiliki tampilan fisik yang unik. Jika dirawat dengan baik, tentu ikan bernama latin Amphilophus trimaculatusakan tumbuh memukau. Berbeda jika ikan hias ini terkena penyakit. Apa saja penyakit yang bisa dialami ikan louhan? Simak ulasannya berikut ini. 

  1. White Spot atau Bintik Putih

Sesuai dengan namanya, white spot merupakan bintik-bintik putih yang bisa menyerang ikan louhan. Tak jarang bintik putih ini mengenai sekujur tubuhnya. Ikan juga akan mengalami perubahan perilaku secara signifikan. Pergerakannya di air akan sedikit lesu dibanding biasanya. 

Penyakit bintik putih ini cukup sering menimpa ikan louhan. Penyebabnya tak lain karena jamur yang hinggap di badan ikan hias ini. Kualitas air yang buruk dapat merangsang pertumbuhan jamur ini. Bentuk pencegahan yang paling efektif adalah mengganti air secara rutin. 

Baca Juga: Ikan Discus Pembawa Fulus

Air yang kotor rentan mengandung protozoa bersilia, yaitu Ichthyophthirius multifilis (ICH). Tidak hanya membersihkan air akuarium secara rutin, Anda juga bisa memasang inhibitor di dalamnya. Selain itu, penambahan garam juga bisa dilakukan dengan dosis 3g/liter. 

Perawatan penyakit ikan louhan ini dilakukan setiap 3 hari sekali. Setelah hari ketiga, tangki akuarium dicuci dengan bersih agar terhindar dari agen penyebab white spot. Oleh karena itu, pembersihan akuarium memang tidak bisa sembarangan. Hal ini harus dilakukan telaten dengan agen pembersih yang baik. 

Perlu diketahui pula white spot termasuk penyakit menular. Agar ikan lainnya tidak tertular, sebaiknya ikan yang terkena penyakit ini dikarantina. Hal ini untuk mencegah penularan lintas tangki yang berpotensi terjadi.

  1. Jamur pada Mulut dan Ekor

Anda mungkin pernah mendapati jamur putih kecil yang tumbuh di area mulut dan ekor louhan. Meski dapat disembuhkan, perawatan intensif tetap harus dilakukan agar louhan sehat kembali. Penyebab utama penyakit ini adalah bakteri Saprolegnia dan yang terkait dengannya. 

Jenis bakteri tersebut biasanya berkembang biak di air berkualitas buruk.Air yang berubah kualitasnya secara tiba-tiba juga dapat merangsang munculnya bakteri ini. Deteksi penyakit jamur ini bisa dilihat dari beberapa ciri-ciri yang muncul.

Artikel Lainnya: Panduan Budidaya Ikan Mas Koki

Anda harus mewaspadai gejala yang muncul seperti kapas lembut pada area mulut dan sirip ikan louhan. Tak jarang bobot ikan pun akan menurun secara drastis. 

cara mengatasi penyakit ikan louhan ini dari penyakit jamur bisa dilakukan dengan menambahkan garam ke akuarium.Selain itu, gunakan pula zat pembasmi jamur dengan takaran yang sesuai.

  1. Mulut Bisulan

Penyakit ikan louhan berikutnya yang cukup sering menyerang adalah mulut bisulan. Penyakit ini juga tak kalah berbahaya dengan white spot. Tak jarang mulut bisulan pada ikan louhan bisa berakibat kematian jika tidak ditangani cepat. 

Penyakit ini ditandai dengan pembengkakan pada area mulut ikan yang semakin meradang. Penyebab mulut bisulan pada ikan louhan cukup beragam. Contohnya karena luka perkelahian, bakteri, jamur, hingga Crustacea atau udang laut. 

Baca Juga: Nonton Iklan Dapat Uang

Tidak perlu khawatir, penyakit mulut bisulan pada dasarnya bisa diobati. Caranya dengan menyediakan akuarium khusus untuk isolasi ikan louhan yang mulutnya bisulan. Penyembuhan juga dibantu dengan antibiotik khusus untuk meredakan mulut bisulan. 

Untuk mempercepat penyembuhan, sebaiknya Anda mempuasakan ikan louhan. Mengingat ikan louhan tidak cukup mampu makan karena kondisi mulutnya. Setelah bisulan pada mulutnya sembuh, jangan lupa memberikan makanan yang lebih bernutrisi. 

  1. Busuk Mulut dan Kembung

Jangan sepelekan penyakit kembung dan busuk mulut pada louhan. Penyakit ini umumnya disebabkan karena asupan makanan yang kurang higienis. Jika dibiarkan saja, kondisi ini dapat menyebabkan kematian pada ikan louhan kesayangan Anda. 

Ciri utama dari penyakit kembung adalah perut ikan louhan yang berwarna merah dan membengkak. Sedangkan busuk mulut ditandai dengan area mulut yang bengkak dan membusuk. Upaya mengatasi penyakit ini adalah dengan melakukan terapi ikan louhan. 

Tidak hanya itu, berikan pula antibiotik sebelum memberinya pakan. Agar proses penyembuhan lebih cepat, puasakan ikan louhan sekitar satu minggu.

  1. Luka Cacat

Penyakit ini sebenarnya disebabkan perkelahian antar ikan louhan itu sendiri. Terlebih pada ikan yang cukup agresif terhadap sesamanya. Tak jarang ikan louhan yang terlibat perkelahian justru mengakibatkan hal buruh. Contohnya luka-luka pada sekujur area tubuhnya. 

Seringkali luka tersebut mengakibatkan cacat pada ikan. Jika ikan louhan Anda mengalami luka akibat perkelahian, sebaiknya isolasi ikan tersebut. Sediakan akuarium khusus dan terpisah dari ikan louhan lainnya. Selain itu, jangan lupa memberikan makanan bernutrisi agar cepat sembuh. 

  1. Stress

Penyakit stress pada louhan bisa dibilang cukup serius lho. Stress pada ikan hias umumnya bisa dilihat dari beberapa gejala. Tanda-tanda louhan mengalami stress adalah pudarnya warna pada ikan, jenong kempes, pergerakan yang pasif di air, dan munculnya belang hitam. 

Salah satu penyebab utama ikan louhan mengalami stress adalah penempatan akuarium yang salah. Selain itu, rasa takut pada musuh dan sorot lampu yang tajam merupakan penyebab stress pada ikan. Oleh karena itu, berikanlah perawatan yang baik jika ikan louhan Anda mengalaminya. 

Posisikan akuarium di tempat yang tepat agar ikan tidak stress. Kenali sedini mungkin tanda-tanda stress pada ikan louhan kesayangan. Jika sudah memunculkan tanda-tanda tersebut, Anda akan lebih waspada untuk kedepannya. 

  1. Lubang di Kepala

Lubang di kepala ikan louhan tentu berbahaya dan bisa menyebabkan kematian. Kondisi ini disebut juga sebagai Hexamita atau HITH. Pada tahap awal gejala, pengobatan bisa dilakukan. Penyebab utama lubang di kepala louhan adalah protozoa HITH. 

Selain itu, kualitas air yang buruk juga bisa jadi pemicu timbulnya penyakit ini. Deteksi penyakit ini penting dilakukan sedini mungkin. Apa lagi jika Anda sudah mendapati lubang yang tumbuh di area kepala louhan. Lubang ini umumnya berwarna putih dan terkadang berlendir. 

Selain itu, lubang juga jika dibiarkan akan semakin membesar. Jika sudah mengalami penyakit serius ini, ikan louhan akan mengalami perubahan tingkah laku. Misalnya tidak nafsu makan sampai bobot berkurang dan pergerakannya di air jadi lesu. 

Pengobatan lubang di kepala louhan bisa dengan dimetridazole (5mg/ltr) atau metronidazole (7mg/ltr).Berikan obat ini secara rutin setiap tiga hari sekali. Air pada akuarium juga perlu diganti secara teratur agar penyebaran penyakit tidak berlanjut.

Beberapa penyakit ikan louhan di atas memang kerap kali dialami ikan hias unik ini. Anda perlu mendeteksinya sejak dini agar penyebaran penyakit bisa dihentikan. Selain itu, jangan lupa lakukan perawatan intensif agar proses penyembuhan lebih cepat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url