10 Fakta Paus Biru




Balaenoptera musculus ataupun paus biru merupakan hewan terbanyak yang sempat hidup di planet ini, tercantum seluruh dinosaurus. Apalagi dikala lahir, ukurannya lebih besar dari hewan berusia dari mayoritas spesies yang lain. Planet ini dipadati dengan makhluk yang luar biasa serta memesona, namun paus biru terletak di tingkatannya tertentu.

Ayo ikuti kenyataan menarik tentang raksasa laut ini.

1. Paus Biru Dapat Berkembang Lebih dari 30 M Panjangnya

Paus biru sangat besar. Biasanya panjangnya berkisar dari 24 sampai 30 m, yang terpanjang yang sempat tercatat merupakan panjang 33 m yang sangat luar biasa. Itu kira- kira sama dengan panjang 3 bis sekolah yang berjejer dari ujung ke ujung.

2. Beratnya Sama dengan Berat 30 Ekor Gajah

Berat rata- rata buat raksasa lembut ini merupakan 90. 000 sampai 136. 000 kg( 90- 136 ton). Sebagian bisa mempunyai berat sampai menggapai 200. 000 kilogram( 200 ton). Selaku perbandingan, gajah semak Afrika berusia mempunyai berat sampai 6 ton, jadi bisa jadi dibutuhkan 30 ekor gajah ataupun lebih buat menyerupai berat satu ekor paus biru.

3. Mereka Mempunyai Jantung yang Besar

Jantung paus biru sangat besar. Ini merupakan jantung terbanyak di dunia hewan, dengan berat dekat 180 kilogram serta kira- kira seukuran mobil bumper. Dikala paus biru menyelam buat mencari makan, jantung raksasanya bisa jadi cuma berdetak 2 kali per menit.

4. Mereka Pula Mempunyai Lidah Besar

Lidah paus biru dapat seberat sebagian ekor gajah!

5. Mereka Mempunyai Balita Terbanyak di Dunia

Anak paus biru merupakan balita terbanyak di bumi serta dikala lahir telah tercantum di antara hewan berusia terbanyak. Mereka mempunyai bobot dekat 4. 000 kilogram dengan panjang dekat 8 m. Berat tubuh mereka meningkat 90 kilogram satu hari, luar biasa! Laju perkembangan mereka bisa jadi salah satu yang tercepat di dunia hewan, dengan kenaikan jaringan sebagian miliyar kali lipat dalam 18 bulan semenjak pembuahan sampai penyapihan.

6. Suara Mereka Sangat Keras

Paus biru, pada realitasnya, merupakan hewan sangat bising di planet ini. Mesin jet tercatat mempunyai tingkatan kekerasan suara 140 desibel; panggilan paus biru menggapai 188 desibel. Bahasa mereka yang berbentuk deburan, erangan, serta rintihan bisa terdengar sampai jarak 1. 600 km.

7. Mereka Makan Banyak Krill

Paus biru berpesta krill; perut mereka bisa menampung 1. 000 kilogram krustasea kecil ini sekalian. Mereka memerlukan nyaris 4. 000 kilogram krill satu hari ataupun dekat 40 juta krill tiap hari sepanjang masa makan di masa panas.

8. Mereka Lumayan Cepat

Paus biru kerap bepergian, menghabiskan masa panas buat makan di wilayah kutub serta melaksanakan ekspedisi jauh ke khatulistiwa dikala masa dingin datang. Walaupun mereka mempunyai kecepatan jelajah 8 kilometer/ jam, mereka bisa berakselerasi sampai 32 kilometer/ jam dikala diperlukan.

9. Mereka Mempunyai Usia Panjang

Walaupun tidak setua tumbuhan tertua di bumi, paus biru tercantum hewan dengan usia terpanjang di planet ini. Semacam menghitung bundaran tumbuhan, ilmuwan menghitung susunan parafin di kuping serta bisa memastikan umur rata- ratanya. Paus biru tertua yang mereka temukan dengan metode ini diperkirakan berumur dekat 100 tahun, walaupun rata- rata kehidupan mereka diperkirakan berlangsung dekat 80 sampai 90 tahun.

10. Mereka Sempat Berlimpah Jumlahnya

Saat sebelum para pemburu paus menciptakan harta karun berbentuk minyak yang terdapat pada paus biru, dahulu spesies ini sangat banyak. Namun dengan timbulnya armada perburuan paus abad ke- 20, populasi mereka menyusut ekstrem sampai kesimpulannya menemukan proteksi di segala dunia pada tahun 1967.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url