16 Fakta Ikan Hiu Jarang Orang Ketahui

 


 1. Kerangka ikan hiu berbentuk tulang rawan empuk semacam yang terdapat di ujung hidung manusia. Walaupun tidak sekeras tulang biasa, tetapi tulang rawan ini lumayan kokoh.

2. Gigi ikan hiu tidak tertanam kokoh di gerahamnya sehingga gampang copot. Untung saja tiap 2 pekan sekali gigi barunya berkembang. Jika tidak, jadi ompong terus. Sebagian spesies ikan hiu bisa berubah gigi sebanyak 30. 000 buah selama hidupnya. Walaupun demikian, kekuatan gigi– gigi ini sangat mencengangkan. Kekuatan gigi seekor hiu setara dengan 6 ton per inchi persegi.

3. Hiu mencari mangsa dengan mengandalkan inderanya. Seekor hiu bisa mencium bau darah dari jarak dekat 4 kilometer. Kemampuannya mengetahui darah dalam air laut menggapai satu bagian darah per 100 juta bagian air laut.

4. Ikan terbanyak di dunia merupakan ikan hiu paus( Rhicondon typus). Panjangnya dapat hingga 15 m serta beratnya sama dengan tumpukan 40 buah mobil. Meski ikan hiu paus ini besar, makanannya hanya ikan– ikan kecil.

5. Di antara 350 tipe ikan hiu yang terdapat di muka bumi, terdapat hiu yang sangat imut– imut. Ia merupakan ikan hiu lentera katai( Etmopterus peryy) dengan panjang badan hanya 12 centimeter.

6. Ikan hiu tercepat merupakan hiu mako sirip pendek yang mempunyai kecepatan renang 90 kilometer per jam.

7. Species ikan hiu yang unik merupakan hiu banteng yang bisa bertoleransi dengan kandungan garam dalam air. Hiu tipe ini kadangkala ditemui pada sungai serta danau di Afrika serta Amerika Selatan.

Ikan Hiu Mematikan Ditemui Berenang di Posisi Banjir

8. Species ikan hiu yang tercantum salah satu sangat beresiko di dunia merupakan ikan hiu macan yang menggigit serta menelan apa saja.

9. Ikan hiu yang menemukan julukan“ mesin pemakan” merupakan ikan hiu putih sebab tercatat sangat banyak melanda manusia. Ditambah lagi dengan keahlian buat“ terbang”. Tetapi suatu riset oleh pakar sikap fauna laut, Peter Kimley dari University of California- Davis yang didanai oleh National Geographic Society merumuskan kalau ikan hiu ini tidak sembarangan melumat mangsa dengan moncongnya yang mengerikan itu. Kebalikannya ikan ini pelan– pelan memakan mangsa yang ditangkap buat mengenali layak tidaknya santapan itu dimakan. Umumnya mangsa yang ditutupi dengan susunan lemak lembut semacam anjing laut yang sangat disukainya.

10. Nenek moyang ikan hiu merupakan hiu Megalodon. Carcharodon megalodon ataupun Megalodon bagi bahasa yunani berarti gigi besar. Megalodon ialah hiu besar yang hidup di era prasejarah kira- kira 1, 5 juta tahun yang kemudian. Panjang hiu Megalodon menggapai 20 m serta hiu ini dapat membalikan kapal berdimensi lagi cuma dengan satu kali senggolan.

Karakteristiknya tidak beda jauh dengan hiu Putih. Konon Megalodon dapat memangsa Tyranosaurus. Fosil gigi Megalodon kira- kira selama 7, 1 inci serta gigitannya 10 kali lebih kokoh daripada hiu Putih. Fosil Megalodon di temukan di tempat yang berbeda, ialah Amerika Utara, Amerika Selatan, Selandia Baru, Jepang, Afrika, Malta serta India.

11. Kulit ikan hiu ditutupi semacam gigi– gigi kecil. Ia tidak bersisik semacam ikan lain. Apalagi era dahulu, kulit ikan hiu yang telah dikeringkan dijadikan amplas penghalus kayu.

12. Mayoritas ikan hiu dapat hidup hingga 25 tahun, tetapi terdapat pula yang hidup hingga jadi kakek hiu yang usianya 100 tahun.

13. Hati ikan hiu beratnya dapat hingga 25% dari berat badannya. Dari hati seberat 900 kilogram dapat dihasilkan 2, 7 juta liter minyak yang ialah sumber vit A.

14. Sesungguhnya ikan hiu itu tidak suka menggigit manusia. Tetapi, ia suka galat. Ia kerap mengira para penyelam berbaju gelap merupakan anjing laut serta singa laut, santapan kesukaan mereka.

15. Ikan hiu suka pada suatu yang bergerak kesana kemari. Jadi jika hingga ketemu ia, jangan panik. Terus menjadi gugup serta kalang kabut, hingga ia hendak terus menjadi mendekat.

16. Tanpa santapan, seekor hiu bisa bertahan hidup sampai 6 pekan. Rekor sangat lama yang sempat diamati

merupakan hiu Swell dalam akuarium yang bertahan 15 bulan tanpa santapan.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url