Mengenal Hiu Kepala Martil

 


Hiu martil berasal dari genus Sphyrna ialah anggota famili Sphyrnidae. 9 spesies dari hiu martil telah dikenal memiliki panjang antara 2 hingga 6 m serta segala spesies memiliki proyeksi kepala semacam martil gepeng bila dilihat dari salah satu sisinya. Sebaliknya mata serta lubang hiung hiu martil terletak di bagian ujung kepala.

Hiu martil merupakan predator yang kasar serta memangsa ikan pari, udang udangan dan cumi cumi. Umumnya, hiu martil ini banyak ditemui di perairan hangat selama garis tepi laut serta pula paparan daratan. Wujud kepala yang nampak semacam martil membuat hiu ini dapat berbelok dengan sangat baik. Sama semacam tipe hiu lain, hiu martil pula memiliki pori sensor electrolocation yang dinamakan ampullae of lorenzhini. Dengan menyebarkan reseptor di banyak zona, hingga hiu martil dapat mencari mangsa dengan sangat efisien.

Spesies hiu martil dikenal berdimensi 0. 9 sampai 6 m dengan berat antara 3 sampai 580 kilogram. Biasanya, hiu martil bercorak abu abu muda serta sedikit warna kehijauan. Bagian perut hiu martil bercorak putih sehingga dapat menyatu dengan latar balik kala dilihat dari dasar setelah itu menyelinap ke arah mangsanya.

Kepala hiu martil memiliki proyeksi lateral yang membagikan wujud semacam palu. Walaupun bila secara keseluruhannya seragam, tetapi wujudnya agak berbeda di antara spesies semacam wujud T buat kepala martil besar, kepala bundar dengan takik tengah buat kepala martil bergigi serta pula kepala bundar tidak berlekuk di kepala martil yang lembut.

Hiu martil memiliki mulut yang kecil dan tidak sepadan dibanding dengan spesies hiu yang lain. Hiu martil pula terkadang membentuk kelompok melebihi dari 100 ekor di siang hari. Sebaliknya kala malam, sama semacam hiu yang lain hendak jadi pemburu soliter. Dari National Geographic dipaparkan bila hiu martil dapat ditemui pada perairan tropis yang hangat. Tetapi kala masa panas, hingga hendak bermigrasi massal buat mencari perairan yang lebih dingin.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url