Mengenal Ikan Buntal

 


Ikan Buntal( tetraodontidae) merupakan suatu famili dari ikan muara serta laut yang berasal dari ordo Tetraodontiformes. Secara morfologi, ikan- ikan seragam yang tercantum dalam famili ini seragam dengan ikan landak yang mempunyai tulang balik luas yang besar( tidak semacam tulang balik Tetraodontidae yang lebih tipis, tersembunyi, serta bisa nampak kala ikan ini menggembungkan diri). Nama ilmiah ini merujuk pada 4 gigi besar yang terpasang pada rahang atas serta dasar yang digunakan buat menghancurkan cangkang krustasea serta moluska, mangsa natural mereka.

Tetraodontidae terdiri dari sedikitnya 121 spesies ikan buntal yang dibagi dalam 20 genera. Ikan ini banyak ragamnya di perairan tropis serta tidak universal dalam di perairan zona lagi serta tidak terdapat di perairan dingin. Mereka mempunyai dimensi kecil sampai lagi, walaupun sebagian spesies mempunyai panjang lebih dari 100 sentimeter( 39 in).

MORFOLOGI IKAN BUNTAL


Tetraodontidae merupakan suatu famili dari ikan muara serta laut yang berasal dari ordo Tetraodontiformes. Secara morfologi, ikan- ikan seragam yang tercantum dalam famili ini seragam dengan ikan landak yang mempunyai tulang balik luas yang besar( tidak semacam tulang balik Tetraodontidae yang lebih tipis, tersembunyi, serta bisa nampak kala ikan ini menggembungkan diri). Nama ilmiah ini merujuk pada 4 gigi besar yang terpasang pada rahang atas serta dasar yang digunakan buat menghancurkan cangkang krustasea serta moluska, mangsa natural mereka.

HABITAT IKAN BUNTAL


Penyebaran ikan ini merupakan di perairan tropis segala dunia. Ikan Buntal ini merupakan predator malam hari, umumnya bersembunyi di celah- celah karang di siang hari serta baru hendak berakasi mencari makan pada malam hari. Gigi yang menyatu bersama jadi satu kesatuan, menghasilkan mulut yang kokoh serta bisa meretakan kulit kerang siput, landak laut, serta kepiting yang ialah santapan utama ikan buntal.

REPRODUKSI IKAN BUNTAL


Reproduksi ikan buntal air tawar dicoba lewat pemijahan. Proses pemijahan terjalin secara alamiah pada induk yang telah matang gonad. Penampakan morofologi pada induk yang telah matang nampak dari wujud badan yang telah membulat. Calon induk diletakkan pada akuarium secara berpasangan. Pada akuarium di tempatkan substrat berbentuk batu pipih yangbertujuan buat tempat peletakkan telur. Pemijahan yang dicoba oleh buntal air tawar terjalin parsial. Dalam 1 periode, sejoli ikan bisa melaksanakan 4 kali proses pemijahan dengan selang waktu memijah berkisar 14- 18 hari. Jumlah telur( fekunditas) yang dihasilkan lebih dari 1000- 1900 butir. Derajat pembuahan paling tinggi sebesar 96% serta derajat penetasan paling tinggi sebesar 78, 6%. Wujud telur ikan buntal air tawar pipih pada bagian dasar serta cembung di bagian atas, dengan warna bening transparan. Pada telur pula nampak terdapatnya susunan minyak serta universal terjalin pada telur yang terletak pada substrat.

Identitas IKAN BUNTAL


Identitas ikan buntal merupakan selaku berikut:

1. Mempunyai gigi yang tajam.

2. Mempunyai toksin yang tercantum dalam badannya.

3. Bisa mengembang semacam balon serta menghasilkan duri tajam.

4. Mempunyai panjang 8- 14 inci( 20- 35 centimeter), menggapai maksimum 20 inci( 50 centimeter).

Khasiat IKAN BUNTAL


Ikan Buntal ialah hewan beracun kedua sehabis katak emas. Oleh sebab itu pada dasarnya ikan buntal tidak mempunyai khasiat untuk manusia, sebab siapapun yang mamakan ikan tipe ini hendak terserang toksin darinya.

Walaupun beresiko, tetrodotoxin nyatanya bisa dimanfaatkan paling utama pada bidang farmasi. Tetrodotoksin bisa digunakan selaku obat anastesi lokal( bisa memblok syaraf). Tetrodotoksin yang dicampur dengan bupivacaine serta dexamethasone bisa tingkatkan waktu anastesi. Obat berbahan bawah dari tetrodotoksin yang awal kali dipasarkan merupakan Tectin, obat ini dibesarkan oleh WEX Pharmaceutical Inc. Dalam dosis kecil, obat ini sangat sanggup kurangi rasa sakit kronis yang dirasakan oleh penderita kanker.

TINGKAH LAKU IKAN BUNTAL


Ikan buntal ialah santapan yang universal disajikan di jepang serta korea. Mengingat efek yang besar bila ikan ini salah dalam pengolahannya, hingga di Jepang cuma koki- koki yang mempunyai sertifikat dari Kementerian Kesehatan lah yang diizinkan buat mencerna ikan buntal ini buat disantap universal. Sehingga di Jepang, menu masakan yang memiliki ikan buntal biayanya lumayan mahal.
 

IKAN BUNTAL DI PERAIRAN


Ikan buntal bisa berkembang sampai 60 centimeter tetapi panjang maksimum bergantung pada tipe ikan buntal. Ikan buntal bisa ditemui dalam bermacam warna. Ikan ini umumnya mempunyai penampilan semacam kecebong besar, dengan mata melotot serta moncong memanjang.

Ikan buntal merupakan hewan omnivora serta makan bermacam tanaman serta hewan. Ikan ini memakan ganggang yang berkembang di bebatuan serta karang, serta pula invertebrata yang menghuni wilayah sekitarnya. Spesies besar ikan buntal pula hendak makan kerang semacam udang serta kepiting serta moluska.

Ikan buntal mempunyai isi metabolit primer yang lumayan lengkap paling utama asam aminonya, tidak hanya itu ikan buntal pula mempunyai isi metabolit sekunder semacam toksin tetrodotoksin( TTX). Toksin ini umumnya digunakan selaku perlengkapan pertahanan diri dari serbuan predator. Sebagian permasalahan keracunan yang terjalin di Indonesia antara lain pada tahun 2010 serta 2008 di Cirebon( Seo, 2010). Permasalahan keracunan ikan buntal pula terjalin di sebagian wilayah semacam Tapanuli tengah, Bengkulu serta Maluku.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url